Minggu, 10 Mei 2015

SIFAT FISIK dan KIMIA MAGNESIUM

Magnesium adalah unsur ke delapan yang paling melimpah di kerak bumi. Magnesium merupakan mineral esensial yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh makhluk hidup untuk proses fisiologis (mineral makro). Magnesium adalah mineral utama yang perlu dikonsumsi lebih dari 100 miligram per hari.
Sekitar 60 sampai 65 persen dari semua magnesium bertempat di tulang dan gigi. Sedangkan untuk sisanya 35 sampai 40 persen ditemukan di seluruh tubuh, termasuk otot, sel-sel jaringan, dan cairan tubuh. Suplemen magnesium dapat mengurangi gejala nyeri sindrom pramenstruasi (painful symptoms of premenstrual syndrome (PMS) pada wanita. Peran Magnesium dalam tumbuhan sama dengan peran zat besi dalam ikatan hemoglobin didalam darah manusia yaitu untuk pernafasan. Konsentrasi magnesium rata-rata di dalam plasma sebanyak 0,75-1,0 mmol/L (1,5-1,2 mEq/L). Berikut merupakan beberapa  sifat fisik dan kimia magnesium yaitu:
·         Berwarna putih keperakan
·         Ringan
·         Kusam bila terdedah pada udara
·         Bereaksi dengan air, membentuk basa
·         Bereaksi dengan asam, membentuk garam
·         Dalam tubuh berbentuk sebagai kation, Mg2+
·         Jika dibakar, magnesium menghasilkan nyala api warna putih
·         Di dalam tumbuhan, klorofil merupakan senyawa porifrin yang berpusat pada magnesium, sehingga tumbuhan hijau merupaka salah satu sumber magnesium.
·         Kandungan magnesium rendah dalam makanan kaleng karena pemrosesan.

·         Ion magnesium juga terdapat dalam air, namun kandunganya berbeda-beda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar