Minggu, 21 Desember 2014

TIPS MEMPERPANJANG UMUR



Manusia tidak pernah tahu sampai kapan ia akan hidup dan berapa lama usianya. Mati dan hidup memang di tangan Tuhan, lama umur manusia juga ada di dalam kekuasaan Tuhan. Namun, manusia dianugrahi hati nurani dan akal. Sebagai ciptaan-Nya, sudah sepantasnya manusia merawat tubuh yang merupakan pemberian Yang Maha Kuasa. Manusia harus senantiasa berusaha menjaga tubuhnya sehingga tetap sehat dan bisa panjang umur. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur:
1.      Menjaga pola makan
Pola makan yang dimaksud adalah pola makan proporsional, dimana konsumsi setara dengan kebutuhan energi. Tidak hanya itu, proporsi kandungan zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air juga harus seimbang. Menjaga pola makan juga berarti mempertahankan agar nafsu makan tetap baik.
2.      Memperkuat daya tahan tubuh
Ini dilakukan untuk meningkatkan kekebalan terhadap serangan virus, bakteri, atau protozoa yang menyebabkan penyakit-penyakit tertentu. Zat gizi yang berperan untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah vitamin E, vitamin B6, dan Zn. Adapun zat gizi tersebut erdapat dalam sayuran hijau, biji-bijian, seafood, dan margarin.
3.      Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Hal ini dimaksudkan agar tulang dan gigi tetap kuat, tidak mengalami pengeroposan dan pengerutan. Seiring dengan bertambahnya umur, penyerapan kalsium dan vitamin D dalam tubuh akan berkurang. Oleh karena itu, mengonsumsi kalsium dan vitamin D harus dimulai sejak dini. Produk susu dan olahan susu adalah contoh dari bahan makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D. Selain itu, kulit yang terkena sinar pagi matahari juga dapat memproduksi vitamin D.
4.      Memastikan saluran pencernaan tetap sehat
Saluran pencernaan yang sehat ditandai dengan buang air besar yang teratur dan terhindar dari sembelit. Untuk itu, diperlukan makanan yang kaya akan serat. Setidaknya diperlukan 20 gr makanan yang kaya akan serat tiap harinya. Adapun makanan yang kaya akan serat antara lain sayuran berwarna hijau, buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur, dan sirsat, dan juga biji-bijian.
5.      Menjaga fungsi otak dan syaraf
Sistem syaraf adalah sistem yang paling tertua ada di tubuh manusia, maksudnya sistem syaraflah yang pertama kali muncul saat pembentukan janin. Oleh karena itu, fungsi sistem syaraf pun kompleks, mengatur seluruh sistem-sistem lainnya, salah satu fungsi sistem syaraf yang terkenal adalah daya ingat otak. Untuk menjaga fungsi otak dan sistem syaraf, diperlukan makanan yang mengandung vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat. Adapun kandungan tersebut dapat ditemukan pada jeruk, biji-bijian, brokoli, hati hewan,telur, isang, tomat, dan wortel.
6.      Mempertahankan berat tubuh ideal
Hal ini dimaksudkan untuk menjaga bentuk tubuh dan mencegah terjadinya obesitas. Memiliki berat tubuh ideal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan juga penampilan. Untuk mempertahankan berat tubuh ideal ini, pengaturan konsumsi makanan sangat diperlukan, selain itu olahraga yang sesuai kebutuhan juga harus dilakukan. Makan makanan rendah lemak jenuh dan kaya akan karbohidrat kompleks juga sangat membantu mempertahankan berat tubuh ideal.
7.      Menjaga pengelihatan
Seiring dengan berjalannya waktu, usia semakin bertambah dan tak jarang orang yang mengalami gangguan pengelihatan, baik miopi, hipermetropi, maupun presbiopi. Banyak juga orang yang mengalami katarak di masa tuanya. Untuk mencegah hal-hal negatif tersebut, konsumsi vitamin A, C, dan B karoten sangat diperlukan. Makanan yang kaya akan zat ini antara lain sayuran dan buah berwarna merah seperti wortel dan tomat, berwarna kuning seperti blewah dan jeruk sitrun, dan berwarna hijau seperti brokoli.
8.      Mengurangi resiko penyakit jantung
Hal ini dapat dilakukan dengan mempertahankan berat tubuh ideal. Faktanya, orang yang mengidap obesitas memiliki resiko jauh lebih tinggi mengalami jantung koroner dibandingkan dengan orang normal. Membatasi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan makan makanan yang kaya akan vitamin, kalium, kalsium, dan serat membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.
9.      Mengurangi konsumsi gula
Seiring bertambahnya usia, kinerja organ tubuh semakin menurun. Salah satunya adalah penurunan fungsi pankreas dalam menghasilkan hormon insulin yang mengatur kadar gula dalam darah. Akibatnya, resiko terkena diabetes mellitus pun meningkat. Oleh karena itu, membatasi atau bahkan mengurangi konsumsi gula harus dilakukan demi mencegah timbulnya penyakit ini. Pembatasan dan pengurangan konsumsi gula ini dianjurkan bagi orang dewasa yang sudah berusia 35 - 40 tahun ke atas.
10.  Memperbanyak minum air putih
80% dari tubuh manusia mengandung air. Bahkan untuk bagian tubuh seperti otak dan darah, mengandung air lebih dari 90%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa air adalah zat penting dalam tubuh manusia. Kekurangan air dalam tubuh manusia menyebabkan dehidrasi, pengentalan darah, bahkan pula kematian. Untuk manusia normal, setidaknya dianjurkan meminum 2 L air sehari. Sedangkan untuk penderita penyakit ginjal, minum air putih tidak boleh terlalu banyak karena malah akan memaksa ginjalnya yang ‘‘kurang sehat“, untuk bekerja lebih.

Demikian 10 tips yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur dan menjaga kesehatan tubuh. Sekali lagi, hidup dan mati memang rahasia illahi, namun manusia juga diwajibkan untuk berusaha di dalam hidupnya. Mulailah menjaga kesehatan tubuh mulai dini, sehingga dapat memperoleh umur lebih lama. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar