Senin, 01 Juli 2013

STUDY TOUR 2013

Progam Study Tour telah dilaksanakan oleh sekolahan kami tercinta, SMAN 1 Giri pada setiap tahunnya. Study Tour menjadi progam rutin tahunan bagi seluruh siswa-siswi kelas XI yang naik kelas ke kelas XII. Progam ini menjadi salah satu progam yang di tunggu-tunggu oleh murid-murid pada setiap angkatannya, begitu juga angkatan kami pada saat ini. Progam ini memiliki berbagai tujuan dan manfaat, diantaranya adalah membuka wawasan dan pengetahuan bagi kami semua, khususnya dalam persiapan setelah SMA, kami akan melanjutkan ke perguruan tinggi yang manakah, hal ini sehubungan pula dengan salah satu tempat kunjungan kami, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada (UGM), dimana pada tahun ini, study tour kami adalah ke Bandung-Jogjakarta yang dilaksakan selama 6 hari lamanya.
     Kami berangkat dari sekolah pada hari Minggu, 23 Juni 2013, tepat tengah malam. Berkumpul di halaman timur gedung sekolah dengan transportasi berupa 6 buah bis dari lembaga Cipaganti. Dimana 2 bis adalah untuk siswa-siswi jurusan IPS dan 4 bis untuk siswa-siswi jurusan IPA. Kami diberangkatkan oleh kepala sekolah bersama para wali murid yang kala itu hadir dan menunggu hingga keberangkatan. Diawali dengan sambutan lalu doa, akhirnya bis diberangkatkan tepat pukul 12.10.
     Hari Senin pagi, kami sudah menginjakkan kaki kami di tanah provinsi Jawa Barat. Wisata awalan kami adalah ke Tangkuban Perahu, salah satu gunung yang terkenal akan kisahnya, yakni kisah Jaka Tingkir dan Dayang Sumbi, kisah cinta seorang anak yang menyukai ibunya sendiri. Dari Tangkuban Perahu, sebenarnya kami berniat untuk menuju ke permandian panas Ciater, namun karena keadaan jalanan yang rapat alias macet dan menyita waktu kami, dengan terpaksa, kami delete wisata ke Ciater, kami menuju ke kawasan Pasar Cibaduyut yang terkenal akan sepatu-sepatu kulit maupun sepatu sandalnya. Kawasan perbelanjaan pertama yang kami kunjungi. Setelah belanja, hari telah menjadi petang, kami menuju ke PPPPTK IPA Bandung, yang menjadi tempat penginapan kami yang pertama.
     Hari Selasa pagi, kami sudah bersiap diri, keluar dari kamar penginapan dengan seragam identitas lengkap, kami bersarapan bersama, kemudian kami menuju ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Kami disambut dengan ramah disana, di aula besar ITB Ganesha, yang menjadi ruang wisuda Presiden Soekarno pada dulunya. Pada kunjungan ini, wawasan kami dibukakan tentang bagaimana kehidupan di universitas, bagaimana jurusan-jurusan progam studi di universitas beserta prospek kerjanya setelah tamat nantinya. Pilihan progam studi di ITB cukup banyak, khususnya bagi siswa-siswi yang berjurusan IPA saat ini, ITB menawarkan berbagai prodi tentang teknik khususnya. Bagi kawan-kawan IPS, ITB juga baru membuka Sekolah Bisnis Management dan juga ada fakultas seni rupa dan desain.
     Setelah ITB, kami mengunjungi Museum Geologi yang tentunya membuka wawasan kami tentang batu-batuan dan lapisan-lapisan penyusun bumi ini. Dari Museum Geologi, kami menuju kawasan perbelanjaan yang kedua, yakni Pasar baru, salah satu pusat pasar grosir di Bandung yang tentunya merogoh dompet kami karena banyak sekali yang ingin kami beli disana. Dari kemeja, sarung, sepatu, bros, kain, pakaian muslim maupun pakaian adat, semuanya tersedia dengan harga yang bervariasi pula. Usai berbelanja di kawasan ini, kami bersiap-siap kembali guna perjalanan panjang menuju ke Yogyakarta.
     Rabu subuh, kami tiba di Masjid Besar Purworejo, namun kali ini rombongan kami tidak lengkap, karena bis nomor 4 mengalami kendala di jalan sehingga mogok dan tidak bisa hadir bersama dengan kami. Rabu pagi, 5 bis telah sampai di Magelang untuk sarapan kemudian menuju kawasan Candi borobudur, Namun bis 4 masih belum tiba di Purworejo sehingga tempat sarapannya berbeda dengan tempat sarapan kami..
     Rabu siang, setelah mengujungi Candi Borobudur, kami mempersiapkan diri dan berpakaian seragam rapi, menggunakan seragam identitas dan menuju ke AAU (Akademi Angkatan Udara) yang terletak di belakang bandara Adi Sucipto Jogyakarta. Selama kami berada di AAU, kendala bis 4 telah berhasil diatasi dan bis melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur dan tidak mengunjungi AAU bersama dengan kami, 5 bis lainnya.
     Seusai di AAU, kami menuju alun-alun kota Yogyakarta, sebenarnya kami ingin mengunjungi Keraton Yogyakarta pula, namun karena waktu sudah melebihi waktu tutupnya Keraton, kami tidak jadi lagi mengunjungi Keraton dan kami menuju alun-alun. Di alun-alun, kami makan malam bersama dengan nasi kotak yang telah tersedia, kemudian kami menuju ke Edu Hostel. Letak Edu Hostel tidak jauh dari kawasan perbelanjaan Malioboro, sehingga, pada malam harinya pun kami bisa menuju Malioboro dan kembali berbelanja disana.
     Usai dari Malioboro, hari sudah sangat larut malam. Saat itu, saya dan kawan-kawan tiba kembali di hostel sekitar pukul sebelas malam. Lelah kami sudah tak terkira, kami membersihkan diri kemudian tertidur lelap di ranjang hostel yang nyaman dan cukup mewah. Kamis pagi, kami bangun dan mempersiapkan diri kembali. Kami menggunakan seragam batik, makan pagi bersama di lantai 5 hostel tersebut, kemudian check out dan menuju ke UGM.
     UGM membuka pintu dengan lebar, kami di temani oleh rombongan study tour dari 6 sekolah lainnya, dari Padang, dari Lampung, dari Kediri, dll. Setelah dari UGM, kami menuju ke Pusat Oleh-Oleh, yakni Bakpia Djava. Banyak diantara kami yang membeli bakpia sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Setelah itu, kami menuju ke candi Prambanan. Setelah dari Candi Prambanan, sebenarnya dalam perjalanan pulang kami juga ingin mampir ke Pasar Klewer Solo apabila masih ada wktu, namun hari sudah mulai gelap, sehingga kamipun tidak mampir ke pasar klewer. Kami melanjutkan perjalanan terus, hingga tiba makan malam untuk yang terakhir kalinya bersama dengan rombongan study tour keluarga SMAN 1 Giri tahun 2012-2013 di daerah Ngawi-Jawa Timur, kemudia pada Jumat paginya, tanggal 28 Juni 2013, kami kembali tiba di halaman timur SMAN 1 Giri Banyuwangi.
     Kira-kira begitulah sekilas kisah tentang study tour d tahun ini. Semoga dengan adanya study tour ini juga dapat membuka pengetahuan dan wawasan tentang rencana masa depan pada jenjang pendidikan yang lebih lanjut dan juga memelihara tali kasih antar kawan dan warga SMAN 1 Giri. :)