Selasa, 11 November 2014

NUTRISI PENTING BAGI TUBUH WANITA


            Nutrisi merupakan zat gizi yang diperoleh dari makanan. Nutrisi diperlukan tubuh untuk metabolisme dan mempertahankan kesehatan tubuh. Tubuh wanita dan pria memiliki banyak perbedaan, baik dari segi fungsional ataupun bentuk tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan zat gizi wanita dan pria pun berbeda. Ada zat gizi dimanan pria membutuhkannya jauh lebih banyak daripada wanita membutuhkannya, dan sebaliknya ada pula nutrisi yang diperlukan tubuh wanita lebih banyak daripada tubuh pria karena berbagai perbedaan tersebut.  Berikut nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh wanita lebih banyak daripada yang dibutuhkan pria:
1.      Kalsium
Tubuh wanita memerlukan kebutuhan kalsium lebih daripada tubuh pria. Saat mengandung (hamil), kebutuhan kalsium dalam tubuh wanita meningkat drastis untuk memenuhi perkembangan janin dalam rahimnya. Ketika kebutuhan kalsium ini tidak dapat dipenuhi, maka simpanan kalsium dalam tulang wanita akan dikeluarkan, akibatnya wanita lebih cenderung menderita osteoporosis daripada pria. Sumber kalsium antara lain susu sapi, bayam, daun melinjo, daun papaya, dan gaplek.

2.      Vitamin D
Vitamin D berperan dalam penyerapan kalsium, artinya jika kekurangan vitamin D, maka penyerapan kalsium pun tidak bisa dilakukan secara optimal. Guna mencegah penyakit osteoporosis, asupan vitamin D yang cukup juga diperlukan oleh tubuh wanita. Vitamin D dapat diperoleh dari kulit yang terkena cahaya matahari di pagi hari, mengonsumsi ikan salmon dan tuna, serta buah-buahan yang mengandung vitamin D.

3.      Vitamin C
Vitamin C mengandung anti-oksidan yang tinggi. Artinya, vitamin C dapat mempercepat regenerasi sel-sel mati dan mencegah penuaan diri. Kaum wanita sangat memperhatikan kecantikan tubuhnya, khususnya kulitnya. Untuk memperoleh kulit yang bersinar dan bersih, mencukupi kebutuhan vitamin C merupakan salah satu caranya. Vitamin C dapat diperoleh dari berbagai buah-buahan seperti jeruk dan stoberi, dan dari sayur-sayuran seperti sayur kelor, bayam, dan paprika.

4.      Serat
Serat sangat mendukung kelancaran dari sistem pencernaan. Wanita seringkali mengalami masalah susah buang air besar (sembelit), yang mengakibatkan perutnya membuncit dan tentunya hal tersebut menganggu penampilan. Disamping itu, serat juga dapat menjaga tingkat gula darah dan kolestrol. Serat didapatkan dari mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, roti, dan gandum.

5.      Zat Besi (Fe)
Anemia masih menjadi penyakit yang banyak diderita oleh kaum wanita. Penyebab penyakit ini adalah kekurangan asupan zat besi. Penyakit ini mengakibatkan tubuh mudah lelah, tidak fit, dan pucat. Selain itu, pada wanita hamil, kebutuhan zat besi juga meningkat dua kali lipat. Ketika wanita hamil mengalami anemia hingga akhir masa kehamilannya, akibatnya adalah berat bayi yang dilahirkan urang dari berat normal, yang nantinya berdampak pada status gizi dan status kesehatan bayi itu ketika perlahan-lahan tumbuh menjadi dewasa. Zat besi sangat penting bagi tubuh wanita. Zat besi ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging seperti daging ayam dan daging sapi, dan hati.


Demikian nutrisi yang penting bagi tubuh wanita. Ingat, bahwa kebutuhan nutrisi antara wanita dan pria tidak sama. Mencukupi kebutuhan nutrisi berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga dapat melakukan aktifitas dengan maksimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar