Selasa, 27 Agustus 2013

TIDAK ADA YANG DAPAT MENGHALANGI KARYA ALLAH (Kejadian 37 : 12 - 36)




                Dalam setiap langkah dalam kehidupan, tidak selalu berjalan lurus dan lancar. Terkadang banyak kemacetan dan batu-batu dari kejahatan orang lain yang menghalangi langkah kita. Namun, ingatlah bahwa setiap langkah kita diatur oleh Tuhan, bahwa Tuhan punya rencana indah dalam kehidupan setiap anak-anakNya. Ingat pula, bahwa setiap waktu, Tuhan dapat memakai siapa saja untuk mewujudkan rencana indahNya bagi hidup kita.
                Belajar dari pengalaman Yusuf, Yusuf menjadi anak yang paling dikasihi oleh Yakub, ayahnya, sehingga membuat saudara-saudaranya iri hati dan membenci Yusuf. Saudara-saudaranya ingin membunuh Yusuf (ayat 19-20). Namun, ayat 21 menjelaskan bahwa Ruben ingin melepaskan Yusuf dari rencana jahat saudara-saudaranya yang lain. Ayat 23-24, Yusuf dibuang ke sumur kosong atas usulan/pembelaan Yehuda. Ayat 28, Yusuf dijual kepada saudagar Midian dan dibawa ke Mesir. Ayat 29-30, Ruben menyesal. Ayat 30-33, penipuan saudara-saudara Yusuf kepada Yakub. Ayat 34-35, kesedihan Yakub saat mengetahui Yusuf tiada lagi.
                Yusuf dibuang oleh saudara-saudaranya karena rasa iri hati yang dimiliki mereka terhadap Yusuf, rasa iri hati itu berubah menjadi kebencian sehingga ingin melenyapkan Yusuf. Pada akhirnya, Yusuf dijual kepada pedagang Midian, karena saudara-saudaranya lebih untung dengan itu, mereka tidak melakukan dosa pembunuhan dan mereka mendapat uang hasil penjualan Yusuf. Dengan demikian, Yusuf tidak jadi dibunuh, semua karena Allah bekerja dalam kehidupan Yusuf, Allah memakai Ruben dan Yehuda, sehingga Yusuf tetap hidup akhirnya.
                Kita semua tahu, pada kisah hidup Yusuf, Yusuf menjadi salah satu penguasa di Mesir, dimana ia pada akhirnya dapat kembali bertemu keluarganya dan menyelamatkan keluarganya dari bencana kelaparan yang melanda pada saat itu.  Tuhan menyatakan rencana indahnya pada Yusuf, walaupun sebelum-sebelumnya Yusuf harus mengalami masa-masa sulit, yang tidak mengenakkan. Demikianlah Tuhan bekerja dalam kehidupan Yusuf.
                Tuhan pasti telah memiliki rencana yang indah dalam setiap kehidupan kita, Tuhan pasti akan menyatakan rencanaNya tersebut, asal kita tetap mau pasrah, taat dan tekun, seperti Yusuf. Tidak ada satu pihakpun yang dapat membatalkan rencana Allah dalam hidup kita. Nah sekarang, apabila ada pihak-pihak yang menekan kita dan menghalangi kita dalam kehidupan ini, haruskah kita takut? Tentu tidak, karena ingat, bahwa tak ada yang dapat menghalagi karya Allah dalam hidup kita. Tuhan punya rencana indah. GBU (RY2S-LevinaiLing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar