Rabu, 19 Juni 2013

CHEMISTRY CLASS at Pelatihan Akbar OSP 2013



     Kelas kimia pada pelatihan akbar OSP 2013 di Bogor menjadi saksi bisu kebersamaan kami, para siswa-siswi pemenang olimpiade sains nasional tingkat Kabupaten yang akan melanjutkan perjuangan kami masing-masing ke ajang olimpiade sains nasional tingkat provinsi. Walaupun kami berasal dari kota dan kabupaten yang berbeda, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, walaupun kami nantinya, ketika apabila kami lolos dari olimpiade di tingkat provinsi dan bertemu di tingkat nasional dan menjadi lawan tanding satu sama lain, kami tetap berteman. Ya, kuncinya adalah berteman dan saling berbagi pengetahuan satu sama lain.
     Pada pelatihan ini, kelas kimia dibimbing oleh Kak Citra Deliana, M.Si. Pembimbing kami ini telah lulus S2 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Bangku kelas kimia diisi oleh 18 murid. 10 orang siswa dan 8 orang siswi, entah masih duduk di bangku kelas X atau XI SMA dan setingkatnya. Entah SMA Negeri ataupun juga SMA Swasta. Semua berbaur dan bersama dalam pelatihan ini selama 6 hari lamanya, pada jam efektif pelatihan maupun pada jam bebas dan belajar bersama. Kami semua saling bercanda tawa seraya bertukar ilmu dan cerita pengalaman satu sama lain ketika mengikuti olimpiade sains di tingkat kota atau kabupaten kami masing-masing..
     Banyak hal dan cerita yang unik selama jalannya pelatihan dari hari pertama hingga hari terakhir, dari sesi materi, sesi pembahasan soal, hingga sesi tes yang berlangsung. Tes diadakan setiap hari kecuali hari terakhir, tes ini diadakan sesuai materi yang dibahas di hari tersebut. Pada tes ini, nantinya nilai kami masing-masing direkap dan di ranking dari ranking yang teratas hingga yang terendah. Bukan maksud untuk menyombongkan dan mengunggulkan kemampuan diri, namun hasil rekap tes ini digunakan sebagai pedoman dan motivasi bagi kami masing-masing, guna memacu diri kami kembali untuk belajar dan khususnya juga mempersiapkan diri guna menghadapi olimpiade di tingkat provinsi masing-masing.
     Puji Tuhan, kini kami semua telah melaksanakan olimpiade sains nasional di tingkat provinsi kami masing-masing. Saat ini, kami semua masih menunggu, serambi berdoa dan berharap agar dapat lolos di tingkat provinsi dan melanjutkan perjuangan kami di tingkat nasional dan internasional ketika nantinya. Pengumuman tingkat provinsi ini, hingga saat ini belum terngiang pula. Entah kapan, kami belum tahu pasti waktunya. Namun yang pasti, harapan kami masing-masing adalah lolos di tingkat provinsi dan melanjutkan ke tingkat nasional dan nantinya kami bisa bertemu dan bersama-sama kembali pada tingkat nasional walaupun masih dalam perlombaan, tapi pertemanan dan persahabatan pasti ada dan tetap untuk selamanya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar