Selasa, 09 April 2013

OLIMPIADE SAINS TINGKAT KABUPATEN BANYUWANGI, SMAN 1 GIRI

            Siapa yang tidak kenal ajang olimpiade ini? Tentu seluruh siswa di tingkat sekolah menegah atas khususnya, pasti kenal dengan adanya salah satu ajang menimba prestasi ini. Olimpiade ini menjadi salah satu olimpiade yang paling bergengsi setiap tahunnya. Tidak hanya berhenti sampai di tingkat kabupaten saja, olimpiade ini juga ada di tingkat provinsi dan nasional, yang mana pemenang tingkat nasional, nantinya akan menjadi tim olimpiade Indonesia di tingkat internasional.
Olimpiade Sains tingkat Kabupaten (OSK) di tahun ini, diadakan Hari Selasa-Kamis, tanggal 2-4 April 2013 dan bertempat di SMAN 1 Purwoharjo. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya memperlombakan 8 bidang mata pelajaran, OSK di tahun ini punya 9 kategori mata pelajaran, dimana geografi menjadi salah satu bidang barunya. Di samping itu, peserta OSK di tahun ini pun adalah mulai dari kelas 9 SMP hingga kelas 11 SMA, berbeda dengan tahun lalu yang hanya boleh diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI saja.
Pelaksanaan OSK hari pertama, yakni Hari Selasa, 2 April 2013, mempertandingkan 3 mata pelajaran, yaitu matematika, fisika, dan kimia. Esoknya, Rabu, 3 April 2013, mempertandingkan biologi, TIK, dan Astronomi. Hari terakhir pelaksanaan OSK, Kamis, 4 April 2013, mempertandingkan geografi, ekonomi, dan kebumian.
Di tahun ini, SMAN 1 Giri juga meraih prestasi dalam ajang tersebut. Perolehan juara dalam OSK tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini, SMAN 1 Giri berhasil meraih 8 gelar sekaligus, dalam bidang astronomi, kimia, kebumian, fisika, matematika, dan biologi. Tahun lalu, dimana SMAN 1 Giri yang menjadi juara III umum, kini SMAN 1 Giri menjadi juara II umum. Berikut daftar nama siswa-siswi yang berhasil mengukir prestasi dalam ajang tersebut:

Nama Lengkap
Kelas
Prestasi dalam OSK
Doni Lutfi Anggara
XI IPA 4
Juara I Astronomi
Ayang Putra Pratama
XI IPA 4
Juara I Kebumian
Airin Levina
XI IPA 4
Juara II Kimia
Fajruli Budiyanto
X5
Juara II Biologi
Imam Tayudi
XI IPA 4
Juara III Astronomi
Agil Desi Fauzia
XI IPA 4
Juara III Matematika
Fitri Nur Rohmi
X5
Juara III Kebumian
Ryan Adha Anindita
XI IPS 2
Juara Harapan I Geografi
Ananda Alisya M
X
Juara Harapan I Kebumian
Riko Firman Andika
XI IPA 4
Juara Harapan I Fisika
Otniel Dwiriko Yanuar A
XI IPA 4
Juara Harapan I Kimia
Nindya Trisna Putri
X 5
Juara Harapan II Astronomi

Penyerahan sertifikat juara dan piala, dilaksanakan pada hari Senin, 8 April 2013 bertempat di SMAN 1 Glagah. Di awali dengan upacara pembukaan dengan Bupati Anas sebagai pembina dan ditutup dengan penyerahan piala bagi juara I, II, dan III masing-masing bidang OSK oleh Bupati.
“Perjuangan tidak berhenti sampai disini, saya dan teman-teman yang menjadi 3 besar dalam OSK, harus belajar lebih giat lagi dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi OSP yang dilaksanakan sekitar bulan Juni nanti. Pesan buat teman-teman, tetap semangat belajar ya, buat adik-adik kelas X yang tahun ini belum beruntung, tetap semangat, biar di OSK tahun depan juga bisa jadi juara dan bawa nama baik sekolah”, tutur Airin Levina (XI IPA 4) saat diwawancarai.
Prestasi-prestasi yang diukir oleh siswa-siswi SMAN 1 Giri tidak hanya harus lewat  Olimpiade Sains Nasional, namun juga di ajang-ajang yang lainnya, baik bidang akademik maupun juga non-akademik. Prestasi bukan hanya sekedar “nampang nama”, tapi prestasi menjadi bukti dan hasil dari usaha-usaha dan doa yang selama ini dilakukan. Tetap semangat belajar dan tentunya tetap semangat untuk raih cita-cita!!!  (by: AiLing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar